Langsung ke konten utama

Perkuat Jaringan Internet Pelosok Negeri, Menkominfo Kunjungi Proyek Palapa Ring di Singkawang

SINGKAWANG - Menkominfo Rudiantara bersama Stafsus Presiden Johan Budi meninjau proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (14/5/2018). Palapa Ring merupakan 'jalan tol informasi' yang menggunakan jaringan serta optik di 57 kabupaten/kota dan wilayah 3T untuk mendukung penetrasi internet cepat (broadband) yang tersebar di seluruh Indonesia.
Proyek Palapa Ring dibagi menjadi 3 wilayah pembangunan. Di bagian Indonesia Barat dinamai Palapa Ring Barat. Dimana dibangun sepanjang 2.275 kilometer menjangkau wilayah Propinsi Riau dan Kepulauan Riau dengan dukungan jaringan kabel serat optik sepanjang 1980 kilometer untuk 5 kabupaten/kota.Yakni Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Kepulauan Anambas. Selain lima kabupaten tersebut, Palapa Ring Barat juga menjangkau atau menghubungkan enam kabupaten/kota Sumatera dan Kalimantan yang merupakan titik interkoneksi dengan jaringan tulang punggung serat optik yang telah dibangun oleh operator telekomunikasi.Yaitu Dumai, Bengkalis, Siak, Tebing Tinggi, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Bembam, Tarempa, Ranai, Kuala Tungkal dan Daik Lingga. Termasuk Kota Singkawang. "Pada 11 Maret 2018, Proyek Palapa Ring Barat telah rampung dibangun dan siap mengoperasionalkan jaringan internet untuk melayani kebutuhan masyarakat," tutur Rudiantara kepada sejumlah wartawan, Selasa siang.
Sebelum ke Singkawang, ia juga telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna untuk meninjau langsung kesiapan operasional Palapa Ring Barat dengan melakukan uji coba internet cepat bersama dengan Bupati dan masyarakat sekitar.
Dalam kesempatan peninjauan di Singkawang ini, ia memberikan penjelasan tentang progres pembangunan serta prinsip pengoperasionalan dan bisnis proses dari Palapa Ring. Rudiantara juga melakukan pengecekan atas NOC dan memastikan bahwa kesiapan operasional jaringan Palapa Ring Barat di Singkawang dalam melayani kebutuhan masyarakat akan internet cepat.
"Saya mengimbau kepada para operator seluler untuk bisa segera memanfaatkan jaringan kabel serat optik bawah laut Palapa Ring Barat untuk meluaskan jaringan sampai ke pedesaan. Palapa Ring Barat ibaratnya jalan tol dan operator diharapkan membangun jalan aksesnya," tuturnya.
Nantinya, kata Rudiantara, pemerintah akan memberikan keringanan harga sewa dan kemudahan perizinan untuk pemakaian Palapa Ring Barat. Karena proyek ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah untuk memberikan layanan komunikasi dan internet bagi seluruh masyarakat. "Saya juga berharap pemerintah daerah akan mempermudah proses perizinannya," harap dia.
Rudiantara melanjutkan, saat ini merupakan era digitalisasi. Dengan adanya Palapa Ring, maka wilayah yang tidak tersentuh oleh broadband akan menjadi memiliki akses broadband yang diharapkan masyarakat daerah dapat menikmakti layanan seluler dan internet sama seperti masyarakat kota. "Manfaatnya juga untuk peningkatan taraf hidup di bidang ekonomi serta pendidikan," pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERINGATI HARI KARTINI SELURUH PETUGAS UPACARA STMIK PRINGSEWU ADALAH PEREMPUAN

STMIK PRINGSEWU  – Sebagai wujud rasa penghormatan kepada perjuangan pahlawan kita, Ibu Kartini, Sabtu, 21 April 2018 – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Kartini ke-139 dihalaman Kampus STMIK Pringsewu. Upacara Hari Kartini di halaman kampus ini dihadiri bapak/ibu dosen dan mahasiswa. Menariknya, dalam upacara ini, seluruh petugasnya adalah perempuan. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Ketua I Elisabet Yunaeti A, M.T.I. Dalam amanatnya, Elisabet meminta agar momen hari Kartini jadi tonggak kebangkitan para perempuan, perempuan bisa meraih prestasi seperti kaum laki-laki. Jadi, mari kita jadikan momen ini untuk bangkit sekaligus instrospeksi diri, ucapnya. Setelah upacara selesai, akan dilaksanakan lomba membuat nasi goreng antar mahasiswa bertempat di halaman kampus.( *na ) Filed in:   BEM ,  Info Kampus ,  Umum

STMIK PRINGSEWU GELAR SARASEHAN KEBANGSAAN

STMIK PRINGSEWU  – Sabtu (28/4), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu menyelenggarakan sarasehan kebangsaan dengan tema “Dalam Rangka Membendung Arus Radikal dan Terorisme di Wilayah Hukum Polda Lampung” bertempat di Aula Lt. II Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu. Sarasehan Kebangsaan dengan tema “Dalam Rangka Membendung Arus Radikal dan Terorisme di Wilayah Hukum Polda Lampung” menghadirkan narasumber Kombes Pol Yosi Hariyoso (Kepala Biro Operasi Polda Lampung), Ken Setiawan (Mantan Komandan Negara Islam Indonesia) dihadiri Kepala Kesbangpol Pringsewu Sukarman, Wakil Ketua I Bidang Akademik Elisabet Y. A, M.T.I, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Nur Aminudin, M.T.I, Ka. LPPM M. Muslihudin, M.T.I, Kaprodi Sistem Informasi Tri Susilowati, M.T.I, Kaprodi Manajemen Informatika Oktafianto, M.T.I serta bapak ibu dosen STMIK Pringsewu. Sarasehan Kebangsaan dibuka Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STMIK Pringsewu,

Kacamata Google Glass 2 Meluncur 2019?

KOMPAS.com - Setelah sempat “mati suri”, kacamata pintar Google Glass akhirnya lahir kembali pada pertengahan 2017 lalu. Bedanya, perangkat tersebut kini ditambahi embel-embel “Enterprise Edition”. Sesuai namanya, Google Glass Enterprise Edition menyasar perusahaan, khususnya para pekerja di industri manufaktur. Ada teknologi Augmented Reality (AR) yang tersemat pada kacamata pintar tersebut untuk menampilkan animasi berisi intruksi manual dan panduan perakitan. Agaknya strategi ini berhasil, sehingga Google kembali menghadirkan Glass Enterprise Edition generasi kedua. Informasinya terendus dari situs sertifikasi FCC, dengan nomor model A4R-GG2. Sekilas, desainnya masih identik dengan generasi pertama. Letak tombolnya masih sama, dengan mekanisme engsel yang membuat perangkat bisa dilipat. Ada tombol daya di bagai belakang, lengkap dengan logo “Glass”. Menurut sumber dalam, peningkatan akan lebih terasa pada pengalaman penggunaan dan spesifikasi. Prosesornya bakal lebih mumpuni, begi